Gagak Berketek Pink

Pada umumnya burung gagak berbulu hitam. Hitam seluruhnya. Tapi aku pernah melihat burung gagak berketek pink. Apakah kau percaya? Awalnya aku juga tidak percaya, tapi temanku mengetahui hal ini dengan pasti. Aku akan menceritakannya padamu dimana pertama kali aku melihatnya, dan ini merupakan pengalaman pertama dan terakhirku melihat burung gagak berketek pink.

Pada senin siang yang terik, saat berada di kampus, kakiku terkilir. Temanku menawarkan bantuan agar aku pulang saja dan tinggal di tempat kostannya, karena aku tak mungkin menaiki tangga kostanku yang curam. Dengan rasa syukur aku pulang dengannya.

Jarak antara jalan raya dan jalan kecil tempat kostan temanku adalah 30 meter. Jangan meragukannya. Temanku dan aku sudah pernah mengukurnya dua kali dengan meteran kain. Aku berjalan tertatih-tatih saat temanku menopangku di jalan, kami tampak seperti dua tentara yang baru saja melarikan diri dari medan perang, dimana satu diantara mereka, yaitu aku, kakinya tertembak musuh. Di tengah perjalanan, yaitu meter ke 15, kami memutuskan membeli makan dulu di warung penjual daging panggang. Penjual daging panggang ini sangat lamban bergerak, lebih lambat dari gerak seekor keong. Kau bisa tidur dua hari dua malam hingga pesananmu kau dapatkan. Karena sudah hafal dengan situasi ini, temanku dan aku memutuskan duduk dulu di bangku luar warung. Sejujurnya kami memutuskan duduk di luar adalah karena kami agak sedikit khawatir jika duduk di dalam maka tukang jualan akan memanggang kami juga.

Tepat setelah lima menit duduk di luar, sepuluh ekor burung hinggap di atas pohon di depan warung tempat kami berada saat itu. “Ada burung!” kataku. Memastikan temanku melihat apa yang sedang kulihat.

“Iya, itu burung gagak.”

“Benarkah itu burung gagak? Untuk apa burung gagak ada di tempat seperti ini?” kataku tak percaya.

“Iya, itu burung gagak. Lihat saja nanti, keteknya pasti berwarna pink.” Kata temanku. Ia tampak kagum memandangi burung-burung hitam yang sepertinya juga sedang mengamati kami.

“Burung gagak tidak pernah memiliki bulu warna lain selain warna hitam di tubuhnya.” Kataku.

“Aku melihat di televisi, semua burung gagak memiliki ketek berwarna pink.”

“Kau pasti salah, teman. Tidak mungkin burung gagak berketek pink.” Kataku. Aku masih tidak percaya walau dia sudah mengatakannya berulang kali.

“Percayalah, teman itu burung gagak. Perhatikanlah jika mereka membuka sayapnya, kau akan melihat ketek pink milik mereka.”

Dengan mengerutkan dahi aku menunggu, dan memperhatikan. Dan benar saja, ketek semua burung gagak yang hinggap di atas pohon itu berwarna pink. Ya, mereka burung gagak berketek pink, teman. “Burung gagak berketek pink!” ujarku. Percayalah, aku melihat burung gagak berketek pink hari itu bersama temanku.

Dua hari kemudian, pedagang daging panggang menyerahkan pesanan kami. Temanku dan aku melanjutkan perjalanan menuju kostan. Di sepanjang perjalanan hatiku sangat gembira. Aku sangat gembira mengetahui bahwa burung gagak yang kami lihat di atas pohon itu adalah burung gagak berketek pink. Burung gagak seperti yang diketahui oleh temanku, bukan yang kuketahui ataupun diketahui oleh orang lain. Ya, burung gagak berketek pink memang ada, percayalah, aku melihatnya bersama temanku. J

NB: Salam terima kasih yang sedalam-dalamnya untuk temanku, Yenti Noprida Pasaribu, yang selama berhari-hari sudah merawatku dengan sabar dan tanpa mengeluh sedikit pun saat kakiku sakit. Aku belum bisa dan mungkin takan bisa membalas kebaikanmu, teman. Aku tak akan pernah bisa melupakan kebaikanmu. Aku berdoa semoga Tuhan membalas kebaikanmu, temanku. Ini tulisan yang kau minta tempo hari, “Burung Gagak Berketek Pink” J ❤ You. *Untuk temanku yang lain juga. Hehehe.. J

About Yusa Sitio

Saya suka kopi, makanan enak, dan kisah. Saya juga menyukai pohon, rumput, hujan, dan sejarah. Tempat ini merupakan wadah dari beberapa hasil imajinasi, jangan dinilai secara subjektif. Saya di sini kadang bukan saya yang sebenarnya, jangan tertipu.

Posted on 8 October 2013, in Cerita. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. nice, burung gagak berketek pink

    Like

Leave a Reply

