Tips Menjadi Jomblo Bahagia

love yourself 1stAda pepatah yang mengatakan bahwa terlebih dahulu belajar mencintai diri sendiri akan mendatangkan kebahagiaan lebih besar daripada mencoba untuk mencintai orang lain. Saya setuju dengan pepatah ini, walaupun sebenarnya pemikiranku telah diserang oleh pertanyaan-pertanyaan aneh sebelum persetujuan ini terjadi. Mungkin akan terdengar sedikit egois, namun seseorang yang tidak terlebih dahulu mencintai dirinya sendiri akan kesulitan untuk mencintai orang lain dengan baik.
Salah satu dari pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam benakku adalah, bagaimana mencintai diri sendiri? Saya sudah pernah mendengar beberapa jawaban untuk pertanyaan ini. Namun ada jawaban baru yang menggelitik benakku, jawaban itu adalah “Belajar menjadi jomblo bahagia”. Kenali dan cintai diri sendiri terlebih dahulu sebelum mencintai orang lain.

Jadi, inilah tips menjadi jomblo bahagia:

1. Putuskan pacarmu.
Tidak mungkin menjadi jomblo jika masih punya pacar.

2. Posting foto-fotomu yang sedang tersenyum atau tertawa di media sosial.
Pura-pura atau benaran bahagia tidak ada bedanya dalam foto. Namanya juga masih belajar, pura-pura saja terlebih dahulu, nanti bisa benaran bahagia kok. Percayalah, memposting foto bahagia akan mendatangkan kebahagiaan di dalam dirimu, baik banyak atau hanya secuil. Dan juga, bisa menimbulkan rasa penasaran atau bahkan rasa iri dalam diri orang lain. Lalu nikmati komentar orang lain terhadap fotomu. Jika ada komentar sinis? Hadapi. Keunikan penampilanmu hanya milikmu sendiri, tidak ada orang yang memiliki keunikan persis seperti milikmu. Dengan ini kita bisa belajar mengenali kecantikan diri sendiri dan menerima pendapat orang lain dengan santun. Jika tidak ada komentar sama sekali? Tidak apa-apa, coba lagi lain waktu. Instagram, Twitter, dan media sosial lainnya belum ada rencana tutup, jadi tidak usah khawatir.

3. Perluas wawasanmu.
Banyak baca buku. Ngetwit atau menulis status yang bermutu yang dikutip dari buku atau article akan mendatangkan kebanggaan tersendiri bagimu. Nanti, jika sudah banyak baca, kamu akan mampu membentuk opini sendiri terhadap sesuatu hal atau kejadian yang terjadi di sekitarmu dan berani mengungkapkannya pada dunia. Kau tidak perlu malu jika nanti disebut keponakannya Mario Teguh. Namanya juga masih belajar. Manfaatkan otak yang sudah ada dalam kepala kita untuk membuat kehidupan kita lebih bahagia dan berguna.

4. Cari tahu apa-apa saja yang membuatmu gembira.
Tidak kebetulan jika kau menyukai drama Korea. Mungkin saja itu pertanda bahwa kau memiliki talenta di dunia fashion atau acting. Atau mungkin saja kau menyukai drama Korea hanya karena mengingini kehidupan romantis seperti mereka. Tapi yang pasti, apapun alasan yang membuatmu tertarik, pastikan bahwa hal-hal itu bertujuan untuk membantu mengenali dirimu. Drama Korea hanyalah sebuah drama, jadikan sebagai hiburan untuk kegembiraanmu, bukan untuk menjiplak atau meniru cara hidup mereka. Ingat bahwa kau adalah jomblo yang masih belajar bahagia. Tidak akan bahagia jika harus menjadi seperti orang lain. Intinya, mengetahui hal-hal yang membuatmu gembira akan membantumu mengenali diri sendiri.

5. Berteman dengan banyak orang.
Berteman dengan banyak orang akan membuatmu mengerti bahwa manusia memiliki karakter masing-masing. Kau akan mengerti bahwa orang lain memiliki kehidupan dan pemikiran-pemikiran yang mungkin berbeda dengan dirimu. Mampu menghargai perbedaan yang dimiliki orang lain akan membantumu menghargai usahamu untuk tetap membangun dirimu menjadi pribadi dewasa yang hebat.

6. Tetapkan standarmu
Setelah semua usaha kerasmu menjadi pribadi yang baik dan bahagia tanpa pacar, maka tetapkan standarmu. Jangan lagi nanti asal memilih pacar. Carilah atau terimalah cinta dari seseorang yang juga bahagia dan baik seperti kamu.

Hal-hal ini mungkin menurutmu bisa dilakukan walau memiliki pacar, namun yakinlah, jika kau punya pacar dan masih memiliki sedikit teman, kau akan kesulitan mencari teman baru. Dan jika kau bukan jomblo dan masih sangat muda, maka kau akan kesulitan mencari jati dirimu. Kecemburuan di masa muda terhadap orang lain yang dekat-dekat dengan pacarmu bisa mengembangkan sifat egois di dalam dirimu. Dan pada akhirnya, keegoisan yang dipupuk, yang awalnya hanya bagian kecil dari dirimu bisa tumbuh menjadi penguasa benakmu, dan seolah-olah keegoisan adalah dirimu. Padahal, banyak dari dirimu yang bisa kau kembangkan dan tunjukkan yang akan membuatmu bahagia dan dicintai. Kita memiliki rasa empati, belas kasih, kesabaran, keberanian, dan kemampuan untuk berkarya yang lebih bermanfaat jika kita mau mengembangkannya. Selagi masih muda, jadilah jomblo bahagia sebelum menjadi kekasih yang bahagia nantinya. Selamat berbahagia!

Advertisements

About Yusa Sitio

Saya suka kopi, makanan enak, dan kisah. Saya juga menyukai pohon, rumput, hujan, dan sejarah. Tempat ini merupakan wadah dari beberapa hasil imajinasi, jangan dinilai secara subjektif. Saya di sini kadang bukan saya yang sebenarnya, jangan tertipu.

Posted on 10 April 2015, in Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: