Bendera Pelangi

image Walau penuh pro-kontra, namun akhirnya pemerintah Amerika melegalisasi pernikahan sesama jenis pada tanggal 26 Juni 2015. Bendera pelangi yang menjadi simbol dari gay, lesbian, transgender, dan bisexual ini terlihat di banyak foto di media, bahkan Facebook menyediakan App untuk mengubah foto profil menjadi foto yang diabayangi pelangi. Selamat untuk Amerika!

Jika perdebatan tentang pernikahan sesama jenis ini terjadi di Indonesia, maka saya adalah orang yang pro terhadap pelegalisasian pernikahan sesama jenis. Dan saya juga adalah salah satu yang pro terhadap pernikahan beda agama. Namun sayang sekali, Mahkamah Konstitusi kita baru saja menolak pernikahan beda agama, dan pernikahan sesama jenis sepertinya adalah tabu untuk dibicarakan di Indonesia.

Jika izin menikah dari pemerintah bukanlah salah satu hal yang bersangkutan dengan hak dan kewajiban sebagai warga negara, maka saya tidak akan ambil pusing dengan hal ini, dan negara juga tidak akan memiliki hak mencampuri urusan percintaan warga negaranya. Namun kenyataannya adalah bahwa saat ini negara memiliki hak dan kewajiban melindungi warga negaranya dan warga negara memiliki hak dan kewajiban kepada negaranya di bidang pernikahan.

Homosexual bukan lagi hal baru dalam masyarakat. Banyak kisah-kisah sejarah dari berbagai belahan dunia, salah satunya Arab (sebelum dunia barat dengan gencar-gencarnya membahas hal ini), telah membahas dan bahkan pernah ada upacara untuk merayakan kasih sayang terhadap sesama jenis. Namun kini, hampir semua agama telah menutupi kenyataan ini dan melarang akan pernikahan jenis ini. Jika menilik dari agama yang saya anut, yakni Agama Kristen, yang kenyataannya jelas-jelas menolak pernikahan sesama jenis dan pernikahan beda agama, seharusnya saya menolak pernikahan jenis ini. Jadi, apa dasar saya untuk pro terhadap pernikahan sesama jenis dan pernikahan beda agama? Dalam 1 Korintus 13: 13 dikatakan, “Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.” Kasih (Cinta) dinyatakan sebagai hal paling besar dalam agama Kristen. Setiap pasangan yang ingin hidup selamanya bersama dengan pasangannya hingga ingin mencatatkan nya dalam Catatan Sipil, pastilah didasarkan pada rasa cinta kasih yang dalam terhadap pasangannya. Mereka yang saling mengasihi ingin memastikan bahwa seseorang yang mereka pilih sebagai pasangan hidup mendapat perlindungan. Mereka yang saling mengasihi tidak ingin melihat kekasihnya diabaikan atau dikucilkan oleh masyarakat. Mereka yang saling mengasihi ingin mendapat pengakuan atas cinta kasih yang tumbuh di antara mereka. Dan kita mengakui bahwa kita tidak pernah tahu kita akan jatuh cinta pada siapa. Kita mengatakannya dengan istilah “Jodoh di tangan Tuhan”.

Lantas, apa yang membuat saya harus menolak pernikahan sesama jenis atau pernikahan beda agama? TIDAK ADA.

Mereka yang mencintai sesama jenis atau yang ingin menikah dengan orang yang berbeda agama dengannya, hanya ingin mendapat perlindungan dari negara. Mereka hanya ingin memperoleh hak dan kewajiban sebagai warga negara. Karena setiap manusia memang berhak. Saya manusia, mereka manusia, dan anda manusia, seharusnya kita bersikap dan berperilaku sebagai manusia. Berperikemanusiaan. Membunuh homosexual karena menuding mereka pendosa adalah tidak berperikemanusiaan. Sebagai orang yang beragama seharusnya kita semua memahami bahwa kita ini adalah manusia, manusia yang memiliki empati dan moral, bukan pembunuh dan penghukum sesamanya hanya karena berbeda selera atau keyakinan.

Advertisements

About Yusa Sitio

Saya suka kopi, makanan enak, dan kisah. Saya juga menyukai pohon, rumput, hujan, dan sejarah. Tempat ini merupakan wadah dari beberapa hasil imajinasi, jangan dinilai secara subjektif. Saya di sini kadang bukan saya yang sebenarnya, jangan tertipu.

Posted on 29 June 2015, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: